Pages

7 Tips Traveling Hemat ke Luar Negeri pas Dollar Tinggi

Tips Traveling - Nilai dollar yang tinggi terhadap Rupiah bikin pusing kepala kalau mau liburan ke luar negeri. Tapi tenang, semua itu bisa disiasati dengan banyak cara kok.

Jika kamu doyan traveling ke luar negeri, kondisi saat ini dengan nilai dolar melambung tinggi pasti jadi bahan pertimbangan. Perlu mengubah strategi, agar liburan ke luar negeri tidak bikin tabungan jebol.

Dolar melambung tinggi artinya kita harus menghemat setiap Rupiah yang kita tukar untuk kebutuhan liburan. Mbakminah merangkum dari detikTravel, Rabu (12/9), inilah beberapa tips liburan hemat yang bisa kamu praktekan.

Kiat Jitu Liburan Hemat ke Luar Negeri Disaat Dollar sedang Melambung :


1. Naik Maskapai Bujet

maskapai bujet, low cost carrier
Maskapai Bujet

Kalau biasanya kamu terbang ke luar negeri naik maskapai full service, dalam kondisi dollar tinggi, kamu pindah dulu ke Low Cost Carrier (LCC) alias maskapai bujet. Maskapai bujet menawarkan tiket harga murah untuk tujuan yang sama.

Apakah Kamu Tahu : Cara Mendapatkan Tiket Pesawat Murah, Meski Tidak Promo

Memang fasilitasnya terbatas, tetapi bukan artinya murahan. Ingat, setiap uang kita berharga.

2. Bawa Bekal Makanan yang Banyak

Makan adalah pos pengeluaran traveling terbesar. Uang dollar kita belanjakan untuk urusan makan minum belaka. Sayang nggak tuh?

Jika kamu biasa makan 3 kali sehari, ini saatnya kamu bawa bekal makanan lebih banyak dari Indonesia.

Kamu bisa sarapan dengan bekal makanan tersebut, atau bahkan makan siang dan malam jika memang cukup.

Seperti roti, biskuit, abon atau mie cup instan bisa jadi pilihan bekal makanan untuk menghemat pengeluaran dollar.

3. Kurangi Belanja

belanja, shooping, belanja hemat, belanja di luar negeri
Bijaklah dalam Belanja

Traveler Indonesia memang doyan belanja. Namun belanja saat dolar sedang melambung nilainya, artinya kamu harus lebih bijak.

Kalau biasanya kamu suka belanja oleh-oleh, mungkin bisa dikurangi jumlahnya. Atau, jika shooping aneka barang pribadi, mungkin dipertimbangkan lagi mana yang benar-benar perlu dibeli.

4. Menginap di Hostel Backpacker

backpacker, hostel backpacker, hostel, hostel murah
Hostel Backpacker

Jika kamu biasa menginap di hotel saat di luar negeri, kamu bisa menghemat dolar dengan menginap di hostel backpacker. Tentu tidak akan ada kolam renang atau restoran mewah, tapi tidak masalah kan?

Yang penting tempatnya bersih, bisa tidur dengan nyaman. Harganya murah, bukan artinya murahan. Ditambah lagi, kamu juga bisa berkenalan dengan banyak backpacker lainnya.

5. Cari Objek Wisata Gratis

hong kong, symphony of the light hong kong, wisata gratis
Symphony of The Light Hong kong

Untuk menghemat dolar, carilah objek wisata yang bisa dikunjungi secara gratis. Coba browsing dan masukan dalam list tempat akan kamu kunjungi, searching dengan kata kunci 'free things to do in ...' di google. Pasti banyak pilihan destinasi dan juga atraksi gratis di kota tersebut.

Kamu Pernah Kesini : 5 Destinasi Bagus di Taman Nasional Komodo

Berbagai landmark dunia bisa dinikmati gratis. Atraksi pergantian pasukan di Istana Buckingham Inggris, itu gratis. Symphony of The Light Hong kong itu gratis, Pertunjukan lampu Spectra di Marina Bay Sands Singapura juga gratis.

Banyak kok objek wisata dan atraksi gratis di luar negeri sebagai destinasi yang bisa kamu pilih saat liburan kamu nanti. Selamat Mencari!

6. Manfaatkan Kartu Pelajar dan Mahasiswa

Jika kamu pelajar, mahasiswa, atau sudah lulus tapi kartu mahasiswanya masih berlaku, maka wajib dibawa. Saat akan masuk objek wisata coba tanyakan, biasanya ada diskon untuk pelajar dan mahasiswa.

Bukan cuma itu, malahan ada yang bisa kasih kamu masuk dengan gratis karena kamu statusnya pelajar.

Kartu pelajar atau mahasiswa juga bisa digunakan untuk dapat potongan harga di berbagai tempat makan toko baju lho.

7. Patungan dengan Teman Traveller

Saat ini zamannya cost sharing, alias patungan. Begitu juga saat liburan ke luar negeri, coba diskusi dengan teman-teman kamu. Liburan bisa jadi lebih murah jika kalian patungan.

Hotel bisa patungan, ongkos transportasi bisa patungan, bahkan makan pun bisa patungan.(fay/mbakminah)

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram