Pages

Terntaya Inilah Menu Takjil Buka Puasa Paling Favorit di Indonesia

Takjil Buka Puasa - Ada banyak hal menarik yang selalu ada di bulan Ramadhan. Salah satunya adalah berburu takjil untuk buka puasa. Karena kalau mau batalin puasa itu sebaiknya tidak makan makanan berat dulu, tapi sama yang ringan-ringan dan juga yang manis-manis.

Berikut ini 6 takjil untuk buka puasa paling populer di bulan Ramadhan!


1. Es Blewah/Timun Suri

es blewah, es buah
Es blewah

Es Belewah atau timun suri akan membuat tubuh dalam sekejap kembali fresh setelah puasa ramadhan seharian. Selain menyegarkan, kamu juga bisa dapetin manfaat untuk kesehatan karena bahan utama es ini berasal dari buah yang kaya dengan vitamin A dan C. Akan tambah nikmat kalau kamu tambahkan sirup dan serutan daging kelapa.

2. Gorengan

tahu goreng, tempe goreng, bakwan
Gorengan

Paling simple dan banyak yang jual, gorengan menjadi salah satu penganan yang paling banyak diburu saat buka puasa. Jenis gorengan pun beragam, mulai dari tahu isi, bakwan, tempe goreng, hingga pisang dan ubi goreng. Tapi ingat, jangan kebanyakan makan gorengan dengan cabai hijau saat buka puasa, kalau nggak mau sakit perut.

3. Kolak Pisang

kolak, kolak pisang
Kolak pisang

Menu yang satu ini sudah jadi takjil paling favorit dari dulu. Rasanya ada yang kurang kalau tidak buka puasa pakai kolak. Kolak biasanya berisi pisang, ubi, dan singkong tapi banyak juga orang yang menambahkan isi lain sesuai dengan seleranya, seperti ditambah kolang kaling, nangka, ubi, atau labu. Apapun isinya, kuah santan kolak yang manis bener-bener bisa memanjakan perutmu saat berbuka puasa.

4. Kolak Biji Salak

kolak, kolak biji salak, biji salak
Kolak biji salak

Namanya yang unik pasti bikin kamu bertanya-tanya. Walau namanya Kolak Biji Salak, bukan berarti kolak ini terbuat dari biji salak sungguhan. Kolak Biji Salak terbuat dari adonan tepung dan ubi yang bentuk dan warnanya menyerupai biji salak. Rasanya kenyal dan begitu sampai di mulut bakalan lumer dengan sendirinya. Biji salak ini disajikan dengan kuah santan kelapa dan gula merah. Mau disajikan panas atau dingin, keduanya sama-sama enak.

5. Es Teh Manis

es teh, teh manis, es teh manis
Es teh manis

Es teh manis adalah minuman yang mendadak sangat terlihat menggoda selama bulan puasa. Nggak cuma bulan puasa, kamu juga pasti sering kan minum es teh manis sehabis makan? Walaupun sederhana, tapi kesegaran es teh manis susah banget untuk ditolak. Apalagi jika kalau dijadikan minuman pas buka puasa.

6. Kurma

kurma, kurma arab
Buah kurma

Buah asal Arab ini ternyata cukup digemari di Indonesia. Kurma yang punya rasa yang manis ini memang pas banget buat dijadiin menu buka puasa, bahkan dianjurkan. Tak hanya manis, buah kurma juga memiliki khasiat bagi kesehatan.

Jadi, menu takjil buka puasa favorit kamu yang mana?

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram