Pages

Cara Mudah Belajar Mengemudi Mobil Matic Bagi Pemula

mobil matic, mengemudi mobil matic, mengendarai mobil matic
Mengemudi Mobil
Cara Mengemudi Mobil Matic - Semakin padatnya kondisi lalu lintas yang semakin macet, membuat cara berkendara menjadi stop and go. Bila menggunakan mobil transmisi manual, maka membuat kaki jadi cepat capek, karena harus sering menginjak pedal kopling dalam-dalam. Hal inilah yang lantas membuat mobil matic semakin diminati. Apalagi ditambah dengan semakin baiknya teknologi transmisi otomatis pada mobil. mbak-minah

Bagaimana cara mengemudikan mobil matic yang benar, supaya aman bagi pengendara dan juga transmisi matic tidak cepat rusak? Yuk.. mari simak bersama bagaimana tips belajar mobil matic yang benar berikut ini:
  1. Pastikan tuas transmisi ada di P (parkir) atau N (netral) saat kamu menghidupkan mesin mobil. Produsen transmisi otomatis mendesain mesin mobil hanya dapat dihidupkan ketika tuas ada di posisi itu.
  2. Setelah mesin mobil hidup, tunggu beberapa saat agar suhu kerja mesin dan transmisi otomatis tercapai. Untuk beberapa jenis transmisi matic, perpindahan percepatan otomatis belum bisa terjadi secara maksimal bila suhu kerja transmisi belum tercapai.
  3. Pastikan untuk menekan pedal rem ketika akan menggeser tuas atau menjalankan mobil. Misalnya ketika menggeser tuas dari P ke R lalu ke N dan D, atau dari D ke N, kemudian ke R dan ke P. Pengereman saat pergeseran tuas diperlukan untuk menghindari potensi kerusakan mekanis.
  4. Untuk memulai perjalanan dalam kondisi jalanan normal, geser tuas ke posisi D (drive) untuk berjalan maju dan R (mundur). Untuk kondisi jalan menanjak, jalanan turunan atau jalanan licin, yang membutuhkan bantuan pengereman mesin  (engine break), geser tuas ke posisi 2. Jika jalanan menanjak sangat tajam atau menurun sangat curam, geser tuas ke posisi 1 atau L.
  5. Pilih mode pengoperasian Economis atau Power (bila tersedia). Mode Economis umumnya dipilih untuk kondisi jalanan kota yang terkadang macet, supaya hemat BBM atau jika kamu ingin berkendara dengan santai. Pada pilihan mode Economis, perpindahan percepatan otomatis berlangsung lebih awal. Mode Power memungkinkan terjadinya perpindahan percepatan otomatis lebih lambat, sehingga mobil bisa diajak berakselerasi. Pada beberapa jenis transmisi otomatis, pilihan mode pengoperasian Power, sama dengan pilihan mode pengoperasian S (Sport).
  6. Manfaatkan tombol OD atau geser tuas ke posisi 3 (bila tersedia) untuk membantu Anda berakselerasi menggunakan gigi 3, mendahului mobil saat melaju dengan kecepatan di atas 60 km/jam, atau saat melahap tanjakan panjang yang mengharuskan Anda menggunakan gigi 3. OD/OFF menyala berarti perpindahan percepatan otomatis dibatasi pada gigi 3.
  7. Gunakan pilihan mode pengoperasian M (Manual) #bila fasilitas ini tersedia, ketika kamu ingin mengendarai mobil matic layaknya mengemudikan mobil manual. Dengan fasilitas manual matic (tiptronic), memungkinkan kamu menambah dan mengurangi tingkat percepatan sesuai keinginan. Caranya cukup geser tuas ke posisi M (bisa saat mobil berhenti atau saat jalan dengan kecepatan berapapun), lalu geser tuas ke (+) untuk menambah gigi atau (-) untuk menurunkan gigi. Untuk mobil tertentu yang dilengkapi pedel shift di belakang kemudi, setelah tuas digeser ke M, tinggal menarik pedel yang kanan (+) untuk menambah gigi dan kiri (-) untuk menurunkan gigi.
  8. Untuk mobil matic yang tidak memiliki fasilitas manual-matic, jika ingin melakukan perpindahan percepatan/gigi secara manual bisa saja. Misalnya kamu mulai jalan dari gigi 1/L. Untuk menambah percepatan, cukup menggeser tuas ke 2. Bila mau menambah percepatan ke gigi 3 (untuk mobil matic dengan pilihan pengoperasian P R N D 2 L), sebelum meggeser tuas ke D tekan dulu tombol OD agar OD/OFF. Bisa juga sebaliknya geser tuas ke D lalu segera tekan tombol OD. Ini dilakukan supaya tidak terjadi perpindahan gigi secara otomatis dari 3 ke 4. Selanjutnya ketika mau pindah ke gigi 4 cukup dengan memencet kembali tombol OD. Untuk mobil matic P R N D-3 2 1/L, ketika kamu ingin pindah dari gigi 2 ke 3 cukup menggeser tuas dari 2 ke 3. Selanjutnya untuk masuk gigi 4 cukup menggeser tuas dari 3 ke D.

Pahami Arti Huruf Pada Panel Tuas Transmisi Mobil Matic


Pada panel tuas transmisi mobil otomatis selalu dilengkapi dengan beberapa huruf-huruf. Umumnya huruf-huruf tersebut adalah P, D, N dan R. Beberapa yang mungkin berbeda adalah adanya angka 3 dan 2, huruf L atau angka 1, huruf B serta tanda (+) dan (-).

Susunan huruf dan angka tergantung dari jenis transmisi matic yang digunakan pada mobil. Namun untuk yang paling sering ditemui, fungsinya adalah :
  • D : Digunakan untuk membuat mobil bergerak maju.
  • R : Digunakan untuk membuat mobil bergerak mundur.
  • P : Digunakan saat mobil berhenti dalam kondisi lama atau parkir.
  • N : Digunakan saat mobil berhenti sebentar. Misalnya lampu merah atau macet.
  • B : Brake atau boost. Biasanya di mobil matic CVT. Digunakan untuk menaikkan RPM saat di jalanan menanjak dan mendapatkan engine brake saat jalanan menurun.
  • Angka 3, 2 dan 1/L : Fungsinya sama seperti posisi transmisi di mobil manual. Kurang lebih untuk melakukan overdrive transmisi mobil saat membutuhkan akselerasi, tenaga atau engine brake.

Poin-poin penting yang berkaitan dengan pengoperasian mobil matic

  1. Di Indonesia umumnya jenis transmisi matic yang disematkan pada mobil berbasis planetary gear set dengan perpindahan percepatan otomatis secara bertingkat (AT/Step AT) dan CVT (continuously variable transmissions).
  2. Untuk transmisi otomatis jenis CVT umumnya tidak dilengkapi tombol overdrive (OD). Adapun untuk Step AT/AT, fasilitas tombol OD ada yang terletak di tuas pemindah gigi atau untuk beberapa produsen mobil tertentu seperti Toyota, menonaktifkan OD cukup dengan menggeser tuas ke posisi 3.
  3. Tidak semua mobil matic dilengkapi pilihan mode pengoperasin Economis dan Power.
  4. Beberapa mobil matic dengan tipe tertinggi di kelasnya, atau mobil-mobil kelas menengah dan premium, dilengkapi dengan pilihan pengoperasian manual matic (tiptronic).
  5. Yang tidak boleh dilupakan, setiap kali kamu menggeser tuas transmisi ke posisi tertentu, tidak semua pergeseran tuas berlangsung secara bebas. Ada kalanya untuk pilihan gigi/mode pengoperasian tertentu, saat tuas digeser terasa nyangkut, dan kamu harus menekan knob pada batang tuas agar tuas bebas digerakkan.
  6. Namun yang perlu dicatat, saat mobil melaju dan kamu menggeser tuas dan mentok/nyangkut, kamu perlu waspada. Jangan begitu saja langsung menarik knob saat mobil jalan. Produsen transmisi mendesain itu untuk mencegah perpindahan tuas yang tidak diinginkan, atau tidak sesuai kebutuhan dan berpotensi merusak unit transmisi.
PERHATIAN! Hati-hati bila kamu ingin menggeser tuas dari gigi atas ke yang lebih rendah, misalnya dari 3 ke 2 lalu ke 1/L. Atau dari D ke 2 lalu ke 1/L. Perhatikan laju kendaraan sebelum kamu menggeser tuas. Usahakan jangan pada kecepatan tinggi karena berpotensi merusak planetary gear set (gearbox). Umumnya tiap transmisi matic memiliki batas maksimum kecepatan pada setiap tingkat percepatan.

Belajar nyetir mobil matic itu gampang kok, yang penting kamu berani dan mau mencoba. Selamat belajar

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram