Pages

Cara Mudah Memelihara Kelinci di Rumah Supaya Sehat

kelinci, merawat kelinci, memelihara kelinci, hewan peliharaan
Kelinci yang Menggemaskan

Cara Memelihara Kelinci - Kelinci merupakan salah satu hewan peliharaan yang paling menggemaskan. Itulah mengapa banyak orang yang gemar memelihara kelinci. Kebanyakan orang memelihara kelinci sebagai hobi, namun ada juga yang memelihara untuk dikonsumsi. Sayangnya, kelinci adalah hewan peliharaan yang mudah sekali terkena penyakit dan mati. mbak-minah

Jadi, bila kamu tertarik untuk memelihara kelinci, kamu harus benar-benar bisa merawatnya dengan baik. Merawat kelinci susah-susah gampang. Setidaknya, ada 3 hal yang perlu diperhatikan, yaitu : memberi makan, membersihkan, dan mengandangkan adalah kunci dalam merawat kelinci.

Memelihara Kelinci di Rumah dengan Cara yang Sehat


Cara Memberi Makan Kelinci


Rerumputan, Umbi-umbian, dan biji-bijian bisa menjadi makanan bagi kelinci. Jika memelihara kelinci dalam kandang, kamu harus memberinya makan secara teratur setiap hari.

Ada beberapa makanan yang bagus dan sehat untuk kelinci. Seperti, sayur-sayuran sangatlah bagus untuk kesehatan kelinci. Selain itu, memberinya makan rumput awetan (Hay), umbi-umbian, biji-bijian merupakan salah sumber nutrisi yang bagus untuk kelinci peliharaan.

Cara Membersihkan Kelinci


Selain harus memberi makanan yang baik, kamu juga harus membersihkan kelinci kesayangan secara teratur. Meski kamu membiarkannya hidup di luar ataupun di dalam kandang, karena bulu kelinci mudah sekali kotor.

Sebenarnya, kelinci dapat membersihkan diri dengan menjilati sendiri bulunya. Namun itu saja tidak cukup, sehingga kamu perlu membersihkannya atau memandikannya. Cara memandikan kelinci pun sangat mudah. Mandikan dengan air, gunakan sampo jika diperlukan, kemudian lalu keringkan dengan handuk.

Cara Merawat Kelinci dalam Kandang


Ada beberapa orang yang lebih memilih melepas kelinci mereka di dalam dan halaman rumah, namun ada juga yang lebih memilih mengandangkannya. Lantas, mana yang lebih bagus? Jika kamu melepasnya, kelinci biasanya akan menggali tanah sebagai tempat persembunyian, tempat beranak dan juga tidur. Padahal, dengan bersembunyi di dalam tanah kelinci akan lebih mudah terkena penyakit.

Jadi, mengandangkannya adalah cara merawat kelinci yang lebih bagus. Sebaiknya kamu membuat kandang kelinci yang mana alasnya tidak langsung bersentuhan dengan tanah. Jenis kandang seperti ini juga lebih mudah untuk dibersihkan. (Baca juga definisi kelinci secara lengkap di wikipedia.org)

Dengan melakukan langkah-langkah cara merawat kelinci di atas, kelinci kamu akan sehat dan bersih.

Tunggu artikel berikutnya, apa saja manfaat memelihara kelinci

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram