Pages

Tips Memilih Jam Tangan Sesuai Warna Kulit dan Bentuk Tangan

Salah satu tujuan menggunakan jam tangan adalah supaya terlihat gaya dan trendi. Selain fungsi jam tangan untuk mengetahui waktu dan pelengkap penampilan. Itu sebabnya, beragam desain jam tangan selalu mengalami pembaharuan dari waktu ke waktu. Bahkan, tak sedikit jam tangan atau arloji dijual dengan harga relatif mahal lantaran desainnya yang mewah.

Tetapi, bagi pengamat gaya, penggunaan arloji memiliki aturan tersendiri. Tidak disarankan untuk asal menggunakan tanpa mempertimbangkan warna kulit dan bentuk tangan. Kesalahan dalam memilih jam tangan, justru akan memperburuk penampilan seseorang.

jam tangan, arloji, tips memilih jam tangan
Ilstrasi menggunakan jam tangan - london-privatedetectives


Baca Juga: 4 Cara Ampuh Menghilangkan Embun di Jam Tangan

Sebelum memutuskan membeli atau mengenakan jam tangan, ada baiknya amati terlebih dahulu warna kulit dan bentuk tangan mu. Kemudian, sesuaikan bentuknya dan warna jam tangan yang cocok berdasarkan warna kulit dan bentuk pergelangan tangan.

Cara Memilih Jam Tangan Berdasarkan Warna Kulit:


  • Kulit cerah atau terang

Beruntunglah kamu jika memiliki kulit berwarna cerah atau kulit seperti kuning langsat dan cenderung putih, kamu bisa bebas memilih warna jam tangan yang kamu suka. Mulai dari warna gelap, cerah (terang) atau warna-warna lembut. Karena, warna kulit yang cerah mudah untuk dipadu-padankan dengan warna apapun.

Akan lebih baik lagi jika kamu yang berkulit terang (cerah) memilih jam tangan berwarna yang mencolok seperti Merah, Kuning, Orange, Coklat dan Hitam supaya terlihat kontras dengan warna kulit kamu.

  • Kulit gelap

Bagi kamu yang memiliki warna kulit gelap atau sawo matang dan cenderung hitam harus selektif dalam memilih warna jam tangan. Pemilihan warna arloji yang terlalu terang seperti kuning, orange, hijau lime, dan merah justru akan membuat penampilan terlihat norak. Jika memilih warna jam tangan yang gelap seperti hitam, atau coklat tua, akan membuat tampilan jam tangan "samar" dengan warna kulit kamu. Oleh karena itu, pilihlah jam tangan berwarna lembut yang netral seperti cream, biru dongker, merah hati, atau abu-abu muda.

  • Kulit sedang

Untuk kamu yang memiliki warna kulit sedang bisa lebih bebas dalam memilih warna jam tangan. Kamu juga boleh bereksperimen dengan berbagai model dan warna jam tangan. Tetapi, tetap menyesuaikan dengan pakaian serta jenis kegiatan kamu ya...


Cara Memilih Jam Tangan Berdasarkan Bentuk Tangan:


  • Diameter tangan kecil

Umumnya pemilik tangan berdiameter kecil adalah orang-orang yang bertubuh kurus. Baik tulang dan daging pada seluruh batang tangan memang sangat kecil sehingga tangan tampak sangat ringan.

Bagi kamu yang memiliki jenis tangan seperti ini, hindari penggunaan jam tangan bertali lebar dan berdiameter besar. Kesannya justru jam tangan akan terlihat membebani tangan, walaupun kamu tidak merasakan hal tersebut. Sebaiknya, pilih bentuk jam tangan bertali tipis dan berdiameter kecil.

jam tangan, arloji
Contoh yang salah menggunakan jam tangan


  • Diameter tangan besar dan berlemak

Umumnya pemilik tangan berdiameter besar dan berlemak adalah mereka yang bertubuh gemuk. Pada dasarnya, tulang tangan orang yang bertubuh gemuk tidaklah besar. Hanya saja, lapisan daging dan lemak yang cukup tebal membuat ukuran tangan menjadi besar.

Bagi kamu yang memiliki jenis tangan seperti ini, hindari penggunaan jam tangan bertali kecil dan berdiameter kecil. Karena, jam tangan seperti itu justru akan terlihat 'tenggelam' di tangan kamu. Sebaiknya, pilihlah jam tangan bertali sedang hingga lebar, material tali tak terlalu tipis, dan diameter jam tangan berukuran sedang hingga besar.

  • Bentuk tangan berotot

Umumnya pemilik tangan berotot adalah mereka yang rajin berolahraga. Ditandai dengan tampilan tangan yang keras, dan berotot.

Bagi kamu yang memiliki jenis tangan berotot, sebaiknya pilihlah jam tangan dengan ukuran tali dan diameter yang agak besar. Anda juga bisa memilih model jam tangan yang sporty dan maskulin.

Hindari penggunaan tali jam berbahan stainless steel atau chroom, gelang, dan kain. Karena akan terlihat tidak sebanding dan kurang cocok dengan kegagahan tangan yang berotot.

  • Bentuk tangan proporsional

Umumnya pemilik tangan berukuran proporsional adalah mereka yang memiliki bobot tubuh proporsional pula. Dari segi tampilan, tangan seperti ini terlihat berukuran sedang, tidak terlalu berlemak (berdaging tebal), dan tidak terlalu berotot.

Bagi kamu yang memiliki jenis tangan seperti ini, bersyukurlah karena segala bentuk jam tangan bisa kamu kenakan.

Beberapa tips di atas sebaiknya perlu kamu pertimbangkan sebelum membeli atau ketika akan mengenakan jam tangan. Dengan menyesuaikan warna, model serta bentuk jam tangan yang akan kamu kenakan dengan warna kulit dan bentuk tangan, agar membuat penampilan kamu terlihat semakin keren, dan gaya. Dan yang pasti terlihat aneh dan norak!

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram