Pages

6 Hal Seru dan Menyenangkan saat Jadi Pramuka

Pramuka - 14 Agustus diperingati sebagai Hari Pramuka Indonesia, seolah hari ini jadi begitu menyenangkan untuk mengingat kembali masa-masa saat jadi pramuka di sekolah.

Mungkin kamu dulu salah satu yang malas ikut kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, kini kamu mungkin merindukan masa-masa itu.

Berikut ini hal-hal seru yang identik dengan kenangan nostalgia Pramuka waktu sekolah :


Kemping atau Berkemah

pramuka, berkemah, kemping, pramuka kemah, pramuka kemping
Pramuka berkemah

Ingat Pramuka pasti ingat kemping. Nggak dipungkiri, kemping atau berkemah adalah salah satu kegiatan Pramuka yang banyak ditunggu.

Kemping memang kegiatan yang menyenangkan. Dalam acara tersebut, para pramuka bisa nambah banyak teman, belajar mandiri, gotong royong, hingga menikmati kebersamaan saat api unggun.

Buku SKU

sku pramuka, sku penggalang, sku, buku sku
Buku SKU penggalang

Buku saku SKU yang berbeda-beda warna di setiap tingkatan menjadi sebuah ciri tersendiri bagi pramuka.

SKU adalah singkatan dari Syarat Kecakapan Umum. Buku ini berisi tentang hafalan Pancasila, Tri Satya, Dasa Dharma Pramuka, dan lainnya.

SKU sendiri adalah syarat yang harus dipenuhi supaya anggota pramuka bisa naik tingkat, contohnya dari Siaga ke Penggalang.

Tanda Regu

tanda regu, bunga cempaka, regu bunga cempaka, regu pramuka
Tanda regu pramuka bunga cempaka

Kamu pasti ingat bagaimana serunya mendapat teman sekelompok pramuka. Salah satu keseruannya adalah ketika memilih nama regu.

Regu adalah satuan terkecil dari pramuka penggalang.

Nama-nama regu yang populer adalah dari nama bunga ataupun nama hewan. Tanda regu ini berbentuk bujur sangkar dengan panjang tiap sisi sekitar empat sentimeter.

Tanda Barung

barung pramuka, barung, tanda barung,
Tanda barung pramuka

Sebelum mendapat tanda regu, pramuka siaga akan mendapatkan tanda barung. Tanda barung ini berbentuk segitiga sama sisi dan panjangnya empat sentimeter.

Warna barung ini terinspirasi dari warna Garuda Pancasila yaitu merah, putih, kuning, hijau, dan hitam. Barung ini akan disematkan dengan peniti di bagian sisi lengan baju.

Selalu Panggil Kakak

pramuka, anak pramuka, anggota pramuka
Anak Pramuka

Sekalipun pembina pramuka adalah guru atau kepala sekolah yang selalu dipanggil bapak atau ibu, tetapi saat kegiatan Pramuka, panggilan mereka akan berubah menjadi kakak. Semua orang yang tergabung dalam Pramuka pun memanggil kakak pada orang yang lebih tua ataupun kepada kakak tingkatnya.

Panggilan tersebut pun ada maksudnya. Panggilan kakak ini sudah diatur dalam SK Kwarnas Nomor 137 Tahun 1987 tentang Penyempurnaan PP Gudep Gerakan Pramuka.

Dengan panggilan kakak-adik diharapkan dapat menjaga hubungan antar sesama pramuka dengan penuh tali persaudaraan tanpa ada batasan strata, harta, kasta, dan SARA.

Semaphore dan Sandi Morse

semaphore pramuka, semaphore
Anggota pramuka sedang latihan semaphore

Belajar semaphore dan sandi morse adalah salah satu pelajaran pokok bagi pramuka. Setiap pramuka akan diajarkan berbagai gerakan semaphore dengan bendera dan juga sandi morse sebagai isyarat baku.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram