Pages

20 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan yang Luar Biasa

Manfaat Daun Salam - Syzygium polyanthum atau daun salam kita kenal sebagai salah satu penyedap masakan yang sering digunakan di banyak masakan Indonesia. Biasanya daun salam digunakan pada masakan yang memiliki banyak rempah dan untuk semakin menyedapkannya. Tahukah kalian, daun salam ternyata memiliki khasiat bagi kesehatan.

Manfaat daun salam diantaranya untuk membantu penyembuhan berbagai macam penyakit ringan hingga berat. Baik daun salam segar ataupun yang sudah dikeringkan sama-sama punya manfaat.

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

daun salam, daun salam segar
Daun salam segar - ilustrasi @lovefood.com

Manfaat dan khasiat daun salam meliputi pengobatan untuk penyakit organ dalam serta masalah kesehatan umum.

1. Sebagai obat antijamur
Daun salam memiliki kandungan etanol yang dapat berfungsi sebagai antibakteri serta antijamur.

2. Sebagai obat anticacing
Metanol yang terkandung pada daun salam bermanfaat sebagai anticacing.

3. Mengatasi masalah pencernaan
Daun salam baik juga digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan dan juga mual. Kombinasikan daun salam dengan lemon dan gula batu, lalu rebus dan minum airnya.

4. Menyehatkan mata
Menambahkan daun salam pada masakan juga bisa memberikan efek menyehatkan bagi mata.

5. Membantu mengobati infeksi ginjal dan mencegah batu ginjal
Rebus beberapa lembar daun salam hingga mendidih, lantas minum selagi hangat 2 kali sehari.

6. Meringankan nyeri
Daun salam bisa digunakan untuk meringankan nyeri pada sendi, untuk cedera keseleo, sakit rheumatik, dan arthritis, karena memiliki sifat antiinflamasi.

7. Mengatasi migrain
Daun salam mengandung partenolida yang dapat digunakan untuk mengatasi sakit kepala atau migrain. Rebus beberapa lembar daun salam, kemudian minumlah air rebusan tersebut secara teratur.

8. Untuk kesehatan rambut
Panaskan daun salam yang dicampur minyak zaitun dan kemiri selama beberapa menit. Gunakan hot oil tersebut untuk memijat kulit kepala setiap dua hari sekali.

9. Menunda munculnya uban
Resep camupran daun salam, minyak zaitun, dan kemiri juga efektif untuk menunda munculnya uban dan menghitamkan rambut.

Manfaat Daun Salam untuk Diet

Ternyata manfaat daun salam juga dapat dirasakan bagi mereka yang sedang berjuang menurunkan berat badan (diet). Seperti dilansir Times of India, mengunyah beberapa lembar daun salam setiap hari bisa membantu menghilangkan lemak.

Kamu yang ingin mendapatkan manfaat daun salam untuk diet juga bisa mencoba resep rekomendasi Step to Health berikut. Rebus 1 liter air dengan 1 sendok makan kayu manis bubuk, 6 lembar daun salam, dan 1 sendok makan madu murni (campurkan saat air rebusan sudah hangat). Minum air rebusan daun salam ini di pagi hari saat perut sebelum sarapan.

Manfaat dan Khasiat Daun Salam Kering

Tidak hanya daun salam segar yang punya banyak khasiat, khasiat daun salam kering pun tidak kalah banyak.

Cara paling baik untuk mendapatkan manfaat daun salam kering adalah dengan mengolahnya menjadi teh.

Berikut ini beberapa manfaat daun salam kering rebus bagi kesehatan :

daun salam, daun salam kering
Daun salam kering - ilustrasi @mynet

1. Melancarkan pencernaan
Atasi gangguan pencernaan seperti, sembelit, mulas, dan perut kembung dengan minum teh daun salam. Seduh daun salam kering dengan air panas, diamkan beberapa menit hingga airnya berubah warna. Minumlah secara teratur teh daun salam secara teratur sebagai pengganti teh biasa.

2. Meredakan stres
Daun salam mengandung linalool yang bermanfaat untuk menurunkan kinerja hormon stres. Ketika merasa gelisah, panik, atau lelah, hirup aroma teh daun salam kering sebagai aromaterapi.

3. Meringankan gejala flu, demam, dan infeksi
Teh daun salam kering juga dapat membantu menguatkan kekebalan tubuh untuk penderita tiga gejala penyakit umum ini.

4. Menjadikan tidur lebih nyenyak
Menghirup uap teh daun salam bisa membantu menenangkan pikiran dan juga membuat tidur lebih nyenyak.

5. Perawatan untuk mimisan
Setelah mimisan sangat dianjurkan meminum teh dari daun salam kering. Atau bisa menggunakan daun salam segar untuk menghentikan pendarahan akibat mimisan.

6. Steam wajah untuk kulit lelah
Rebus 5 daun salam kering dengan 2 gelas air hingga mendidih, dan gunakan uapnya untuk facial steam.

Daun salam bermanfaat untuk penyakit diabetes

Konsumsi 1 hingga 3 gram daun salam setiap hari selama 30 hari berturut-turut bisa mengefektifkan fungsi glukosa dan lipid pada penderita diabetes tipe 2. TheHealthSite melansir, efek hipoglikemik daun salam dihubungkan dengan adanya minyak esensial dan fitokimia di dalamnya. Keduanya dipercaya bisa membantu metabolisme insulin.

Hasil penelitian Clinical Biochemistry and Nutrition mengungkapkan, polifenol pada daun salam juga menghasilkan aktivitas potensiasi insulin sehingga membantu kontrol glukosa lebih efektif.

Manfaat daun salam, sereh, dan jahe

Daun salam yang dikombinasikan dengan sereh dan jahe bisa membantu meredakan sakit maag, kembung, dan menambah nafsu makan.

Rebus 5 lembar daun salam, ditambah 1 ruas jahe, dan 1 batang sereh dalam 200 ml air. Boleh dicampur madu murni untuk perasa dan nutrisi tambahan. Minum air rebusannya 2 kali sehari secara teratur untuk hasil yang maksimal.

Manfaat daun salam untuk asam urat

Daun salam juga cukup efektif untuk mengobati asam urat. Rebus 25 lembar daun salam dengan 500 ml air hingga airnya menyusut sisa separuh. Minum ramuan ini ketika hangat, 2 kali sehari secara teratur.

Manfaat daun salam untuk kanker

Beberapa zat yang terkandung pada daun salam diketahui juga berkhasiat melawan beberapa jenis kanker. Zat-zat seperti caffeic, eugenol, catechin dan quercetin yang terdapat pada daun salam dapat mengatasi berbagai jenis kanker.

Baca Juga : 19 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Obat Alami

Itulah berbagai manfaat daun salam untuk kesehatan dan herbal alami. Perlu kamu ingat, pengobatan menggunakan herba alami seperti daun salam hanyalah bersifat alternatif. Konsultasikan dengan dokter atau pada ahlinya.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram