Pages

19 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Obat Alami

Jeruk nipis

Banyak orang sudah tahu manfaat jeruk nipis. Baik itu jeruk nipis bermanfaat untuk perawatan wajah, fungsi jeruk nipis untuk rambut, khasiat jeruk nipis untuk diet, dan manfaat jeruk nipis bagi kesehatan. Walaupun rasanya yang begitu kecut atau asam, ternyata buah ini mengandung banyak sekali nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuh baik dalam maupun luar.

Dibandingkan dengan buah jeruk lainnya, jeruk nipis adalah varietas jeruk yang paling kaya akan kandungan vitamin C. Tak hanya vitamin C saja, jeruk nipis juga mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, asam folat, kalium, seng, lemak, protein, kalsium, fosfor, magnesium, zat besi, serat, karbohidrat, serat, gula, dan juga asam sitrat yang membuat rasa asam/kecut.

Berikut ini Beberapa Manfaat Jeruk Nipis


Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Banyak sekali kita jumpai suplemen tubuh yang menggunakan vitamin C. Nah, jeruk nipis sendiri merupakan vitamin C yang alami. Dengan rutin meminum air perasan jeruk nipis, kandungan antioksidan berupa flavonoid akan membantu meningkatkan imunitas Kamu, sehingga dalam kondisi apapun Anda akan tetap bugar.

2. Jeruk nipis untuk menyeimbangkan pH

Keseimbangan asam dan basa dalam tubuh yang biasa disebut dengan pH adalah hal penting karena sebagai faktor penentu apakah Kamu sehat atau sakit. Jika kandungan pH tak seimbang maka Kamu akan sakit. Jeruk nipis bersifat asam akan menyeimbangkan pH tubuh Kamu.

3. Jeruk nipis untuk mencegah kanker

Kandungan liminoid dalam buah jeruk nipis dapat berfungsi sebagai penangkal radikal bebas dalam tubuh sehingga bisa menurunkan resiko sebagian jenis kanker seperti kanker usus besar, kanker lambung, dan kanker darah (leukimia).

4. Membantu mengurangi tekanan darah tinggi

Jeruk nipis juga kaya zat kalium yang berkhasiat untuk membantu mengurangi tekanan darah tinggi.

5. Jeruk nipis membantu mengobati asam urat

Kandungan asam sitrat pada jeruk nipis adalah faktor penting yang berguna untuk melarutkan asam urat dalam darah secara alami. Minumlah segelas air hangat ditambah perasan jeruk nipis setiap pagi.

6. Jeruk nipis berguna untuk menurunkan kolesterol

Jeruk nipis juga kaya akan flavonoid. Flavonoid berlaku sebagai anti oksidan yang kuat. Anti oksidan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas, terutama molekul tidak stabil yang bisa merusak sel-sel sehat.

Begini caranya :

  1. Belah 1 buah jeruk nipis, lalu peras untuk mengambil airnya
  2. Tambahkan 1 gelas air hangat
  3. Minum di malam hari sebelum tidur dan di pagi hari ketika baru bangun tidur
  4. Lakukan secara rutin supaya kadar kolesterol jahat segera berkurang.
Baca Juga : 5 Buah yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Jahat


7. Manfaat jeruk nipis untuk menyehatkan ginjal

Asam sitrat dalam jeruk nipis bisa mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium. Minum air perasan jeruk nipis rutin setiap hari maka dapat membantu menyehatkan ginjal dan mencegah terjadi batu ginjal.

8. Jeruk nipis untuk menurunkan berat badan

Teh hijau dicampur jeruk nipis dipercaya bisa melancarkan metabolisme tubuh, sehingga akan membantu menghilangkan lemak atau zat-zat yang tak dibutuhkan tubuh. Teh hijau juga kaya akan zat anti oksidan yang berguna untuk mencegah kanker dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh

Begini caranya :

  • Siapkan sekantung teh celup atau 3 sendok teh
  • 1 buah jeruk nipis
  • Segelas air panas
  • Seduh teh hijau dan tambahkan perasan jeruk nipis ke dalamnya
  • Minumlah secara rutin


9. Untuk menjaga berat badan tetap ideal

Cara kerjanya sama dengan poin diatas, yakni jeruk nipis bisa melancarkan metabolisme tubuh. Oleh sebab itu, bagi Kamu yang mau mencoba manfaat jeruk nipis untuk diet supaya berat badan terjaga, minumlah secara rutin air perasan jeruk nipis setiap hari.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan Gigi dan Mulut


10. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Anti bakteri pada jeruk nipis dapat membantu membasmi kuman dan juga bakteri penyebab sakit gigi atau gusi yang bengkak.

Begini caranya :

  • Peras 2 buah jeruk nipis
  • Lalu campur dengan segelas air hangat
  • Setelah itu gunakan untuk berkumur


11. Jeruk nipis bisa memutihkan gigi

Asam pada jeruk nipis berfungsi sebagai alkali alami supaya kadar pH dalam mulut seimbang. Selain itu, jeruk nipis juga merupakan antibakteri yang bagus untuk membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Begini caranya :

  1. Siapkan 1 sdm air perasan jeruk nipis
  2. Campur dengan garam secukupnya
  3. Kemudian aduk campuran keduanya hingga berbentuk pasta
  4. Lalu oleskan pada gigi
  5. Kumur dengan air bersih
Baca Juga : Tips dan Cara Memutihkan Gigi Secara Alami Supaya Sehat


12. Jeruk nipis untuk meredakan radang tenggorokan

Disaat sedang radang tenggorokan tentu rasanya tidak karuan, karena kita akan mengalami kesusahan dalam menelan makanan dan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Manfaat jeruk nipis untuk meredakan radang tenggorokan yang sangat menggangu.

Begini caranya :

  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Tambahkan 3 sendok makan madu asli
  3. Minum 2 kali sehari, sekali minum 2 sendok makan



13. Menghilangkan bau badan atau ketiak

Jeruk nipis kaya akan vitamin C dan flavonoid. Kandungan lainnya dalam jeruk nipis adalah asam sitrat, besi, tembaga, kalium, kalsium, macronutrients, serat, dan kalori.

Cara menghilangkan bau ketiak menggunakan jeruk nipis sama dengan ketika mengaplikasikan deodoran pada ketiak. Gunakan jeruk nipis sesudah mandi sebagai pengganti deodoran.

14. Menghilangkan dan mengobati panu

Flavonoid adalah anti oksidan yang kuat. Senyawa ini terdapat pula pada jeruk nipis. Anti oksidan membantu melindungi tubuh dari radikal bebas yang merupakan molekul jahat yang bisa merusak sel-sel sehat. Dan juga kandungan asam sitrat yang membuat jeruk nipis sebagai anti bakteri serta anti jamur yang efektif. Senyawa lain yang handal untuk membasmi panu yang ada dalam jeruk nipis adalah vitamin C.

Dalam mengaplikasikan jeruk nipis sebagai obat alami untuk menghilangkan panu, Kamu perlu mencampurnya dengan belerang. Belerang mengandung senyawa keratolitik yang bisa membunuh kuman dan virus penyebab panu.

Begini caranya :

  • 1 sendok makan air perasan jeruk nipis
  • 1 sendok makan belerang ditumbuk halus
  • Campur dan aduk hingga kedua bahan menjadi krim
  • Oleskan pada panu
  • Diamkan sampai mengering
  • Kemudian bersihkan dengan air hangat


Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Perawatan Wajah


15. Jeruk nipis untuk mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan anti oksidan dan juga vitamin C. Hal ini akan membantu kulit wajah supaya terhindar dari jerawat, mengatasi minyak berlebih, mencerahkan wajah, serta mengangkat sel kulit mati. Karena manfaatnya untuk mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai bahan untuk mencerahkan wajah secara alami.

Begini caranya :

  1. Peras 1 buah jeruk nipis
  2. Oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah
  3. Diamkan beberapa menit
  4. Cuci muka dengan air bersih



16. Jeruk nipis untuk mengencangkan kulit wajah

Selain mencerahkan wajah, jeruk nipis juga bisa digunakan untuk mengencangkan kulit wajah secara alami. Caranya pun sama dengan yang sudah dijelaskan pada poin 15.

17. Bisa menghilangkan dan mengobati jerawat

Sifat anti biotik jeruk nipis bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat. Untuk hasil yang maksimal, Kamu bisa mencampurnya dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

18. Bisa menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Bagi Kamu yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yang disebabkan oleh jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk menyamarkan bekas jerawat serta flek hitam di wajah.

19. Membersihkan dan menghilangkan komedo

Khasiat jeruk nipis yang lain adalah untuk membersihkan dan menghilangkan komedo dengan cara yang sama pada 4 poin di atas.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram