Pages

14 Manfaat Alpukat untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Alpukat - Kamu lebih tahu mana avokad atau alpukat? Itu lho buah yang rasanya gurih dan sering dijadikan jus, alpukat adalah buah yang kaya manfaat dan nutrisi. Buah yang memiliki ciri khas dengan biji yang besar ini, ternyata punya manfaat yang baik bagi tubuh.

Tidak hanya dimakan langsung dan dibuat jus, alpukat juga bisa dijadikan masker untuk perawatan wajah dan rambut.

Nah, jika kamu termasuk pecinta alpukat dan ingin tahu apa saja manfaat alpukat, berikut ini ulasannya seperti yang dilansir Liputan6.com pada Senin (8/10) setelah mbakminah tulis ulang.

Manfaat Alpukat Bagi Kesehatan

alpukat, buah alpukat, manfaat alpukat
Alpukat - @tv.ua

Alpukat telah lama dikonsumsi karena dipercaya banyak kandungan nutrisi yang baik. Antara lain: karbohidrat, protein, serat, lemak, dan masih banyak lagi.

Manfaat buah alpukat tersebut bisa jadi benefit sehat dan menguntungkan bagi tubuh kita. Berikut ini beberapa manfaat alpukat untuk kesehatan, seperti dilansir dari Mag for Women.

1. Menurunkan kolesterol

Manfaat alpukat yang pertama adalah dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL). Tidak hanya menurunkan LDL, buah alpukat juga dapat menaikkan kadar HDL yang merupakan kolesterol baik untuk tubuh kita.

2. Mengontrol Tekanan darah

Manfaat alpukat berikutnya adalah dapat membantu menurunkan dan juga mengontrol tekanan darah. Hal ini dikarenakan adanya zat potasium yang terkandung dalam buah alpukat.

3. Mengontrol gula darah

Manfaat alpukat yang satu ini cocok untuk kamu yang ingin mengontrol kadar gula. Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat) yang membantu mengatasi resistensi insulin yang membantu tubuh dalam mengontrol tingkat gula dalam darah.

4. Manfaat Alpukat Mencegah Peradangan

Sebuah penelitian pun menunjukkan buah alpukat juga memiliki nutrisi yang bisa membantu mencegah peradangan. Manfaat alpukat ini bisa dimanfaatkan untuk mencegah risiko penyakit yang berkaitan dengan munculnya peradangan pada tubuh.

5. Melindungi dari kanker

Manfaat alpukat berikutnya terdengar WOW. Bagaimana tidak, seperti penelitian yang dilakukan pada hewan dengan memberi mereka makan ekstrak alpukat menunjukkan bahwa alpukat juga dapat membantu mencegah kanker kulit, kanker mulut, dan kanker prostat. Walau begitu, penelitian lanjutan pada manusia masih belum dilakukan dan masih terbatas.

6. Meningkatkan berat badan

Jika kamu ingin gemuk, kamu bisa coba  mewujudkan keinginan kamu itu dengan mengonsumsi alpukat. Pasalnya, buah alpukat mengandung kalori yang cukup tinggi dan juga banyak nutrisi untuk membantu menaikkan berat badan.

7. Menyehatkan kulit dan rambut

Selain bermanfaat bagi kesehatan, alpukat juga dimanfaatkan untuk kecantikan, tepatnya menggunakan minyak alpukat. Minyak alpukat banyak digunakan dalam produk kosmetik untuk melembapkan kulit dan membuatnya terlihat bercahaya.

Apakah hanya baik untuk kulit saja? Ternyata tidak. Minyak alpukat juga mengandung vitamin E yang bisa membuat rambut lebih sehat dan indah.

Daun Alpukat pun Punya Manfaat bagi Kesehatan

alpukat, daun alpukat, manfaat daun alpukat
Daun Alpukat - @Taringa.net

Manfaat alpukat tidak hanya bisa didapat dari buahnya saja. Ternyata daun alpukat juga memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan kita.

Beberapa manfaat alpukat yang bisa kita ambil dari daunnya :


1. Meluruhkan Batu Ginjal

Mengonsumsi air rebusan daun alpukat dapat membantu meluruhkan batu ginjal. Hal ini disebabkan ada kandungan zat alkoloid pada alpukat, yang bisa melarutkan batu ginjal bersama urine secara bertahap.

2. Meredakan Hipertensi

Tekanan darah tinggi juga dapat diturunkan secara berkala dengan mengonsumsi rebusan daun alpukat secara teratur.

3. Memperlancar Haid

Jika kamu memiliki masalah dengan haid yang tidak lancar dan teratur, cobalah konsumsi rebusan daun ini untuk membantu melancarkan haid dan membuatnya teratur.

4. Menurunkan Berat Badan

Kalau buahnya bisa menaikkan berat badan, daun alpukat justru bisa untuk menurunkan berat badan. Rebusan daun alpukat bisa menekan nafsu makan dan menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh.

5. Menyembuhkan Sariawan

Salah satu manfaat daun alpukat yang istimewa adalah menyembuhkan sariawan. Kandungan polifenol dalam daun alpukat bisa membunuh bakteri penyebab sariawan, sehingga sariawan bisa sembuh dengan cepat. Caranya pun sangat mudah? Tumbuk daun alpukat lalu tempelkan di area sariawan. Perih enggaknya... Coba aja sendiri, ;-)

6. Meredakan Maag

Rebusan daun alpukat dikenal dapat mencegah luka dan iritasi pada lambung, dan juga meredakan asam lambung yang tinggi. Sehingga air rebusan daun alpukat cocok untuk kamu yang memiliki penyakit maag.

7. Kaya Antioksidan

Rebusan daun alpukat merupakan minuman kaya antioksidan yang dapat menekan jumlah radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Berbagai penyakit yang bisa muncul akibat radikal bebas bisa dinetralkan dengan air rebusan daun alpukat.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram