Pages

9 Cara Menjadi Pribadi yang Menyenangkan

Manusia memiliki sifat yang berbeda-beda, hal ini sangat wajar karena memang beda lingkungan, pengasuhan, pola pikir, dan lain sebagainya.

Meski begitu, kita adalah makhluk sosial yang pasti akan selalu berhubungan atau berinteraksi dengan orang lain. Baik itu seseorang yang memiliki pribadi menyenangkan ataupun tidak.

Pastinya, setiap orang atau diri sendiri ingin selalu berteman dengan orang yang memiliki pribadi menyenangkan. Tetapi, sebelum keinginan tersebut terwujud, pernahkah kita mengevaluasi diri apakah Anda sudah memiliki pribadi yang menyenangkan bagi orang lain?

Berikut ini kami dipaparkan 9 cara menjadi pribadi yang menyenangkan:

1. Menyebutkan Nama dan Sapa Orangnya

sapa, menyapa

Cara pertama untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah ketika ada orang yang Anda kenal di dekat Anda menyebutkan nama sambil menyapa.

Perlu diketahui, menyapa seseorang dengan nama akan membuat orang yang disapa merasa dihargai dan juga diingat oleh orang yang ada di sekelilingnya.

2. Menghargai Orang Lain

Cara yang kedua untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan menghargai orang lain.

Tentunya dari belajar menghargai orang lain ini Anda akan menjadi pribadi yang menyenangkan dan orang lain pun akan merasa nyaman berinterkasi atau bekerjasama dengan Anda.

3. Dapat Dipercaya

percaya

Bisa terbayang bukan ? jika ada seseorang yang mempercayai Anda untuk mengerjakan tugas atau menjaga rahasia, namun tiba-tiba harus mengkhianati kepercayaan tersebut, maka orang yang mempercayakan tugas tersebut akan berbalik membenci Anda.

Menjaga kepercayaan dari orang lain memang tidak mudah, yang perlu Anda lakukan sebenarnya menaati apa yang menjadi tanggung jawab Anda dan mengerjakannya sesuai aturan tersebut.

4. Bersikap Sopan Santun Terhadap Orang Lain

Seseorang yang memiliki pribadi yang sopan, biasanya kan mudah diingat oleh orang lain. Dan tak hanya itu, Ia pun akan jauh dari perkataan buruk atau fitnah.

Hal itu dikarenakan sikapnya tersebut memang tidak pantas untuk dijadikan bahan hinaan atau bully-ing orang lain.

5. Menjadi Pendengar yang Baik

sahabat, curhat

Terkadang seseornag yang mencurahkan hatinya pada kita hanya ingin didengarkan saja melampiaskan beban yang ada dihatinya dan bukan ingin diberikan nasehat.

Mulailah dari sekarang untuk bisa menjadi pendengar yang baik dan jangan pernah memotong pembicaraan orang lain.

Kita boleh memberikan nasehat pada orang tersebut jika memang diminta. Dengan menjadi pendengar yang baik, bersiaplah untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan bagi orang lain.

6. Berempati Terhadap Orang Lain

menolong

Cara berikutnya untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan adalah dengan berempati terhadap orang lain. Hal itu bisa dilakukan dengan cara membantu orang-orang yang ada disekitar ketika memerlukan bantuan. Tentunya, bantuan yang ditawarkan adalah bantuan yang tulus tanpa mengharapkan pamrih.

Tentunya akan lebih baik jika pertolongan atau bantuan tersebut di berikan atas inisiatif sendiri tanpa diminta. Bentuk inisiatif tersebut bagian dari empati tinggi dimana Anda pun seolah-olah merasakan apa yang mereka alami.

7. Menjadikan Orang Lain Sangat Penting untuk Anda

Contohnya seperti menepati atau memenuhi janji yang Anda utarakan, meminta saran atau masukan kepada rekan kerja, bertukar hadiah, dan lain sebagainya.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan dikenal sebagai pribadi yang begitu menyenangkan baginya.

8. Berani Mengatakan yang Benar dan juga Salah

Jangan sampai karena ingin menjadi pribadi yang menyenangkan, Anda pun selalu mengikuti apa yang orang lain lakukan. Padahal situasi atau pemikiran tersebut tidak sesuai atau tidak cocok dengan Anda.

Karena itu, jangan takut untuk berbeda pendapat dengan orang lain, jika Anda yakin hal itu benar. Ingat perbedaan tidak selamanya buruk, justru dari perbedaan itulah bisa menimbulkan rasa menghargai dan meredam konflik yang ada di sekitar.

9. Menjadi Sosok Humoris


Anda pasti setuju bahwa seseorang yang lucu dan humoris adalah sosok pribadi yang menyenangkan. Kehadirannya selalu ditunggu dan membuat orang yang ada di dekatnya menjadi terhibur serta bahagia.

Jadikanlah sifat tersebut membawa manfaat untuk orang-orang disekitar agar dunia pun selalu tersenyum dengan kehadiran Anda.
Tentunya, jangan memaksakan pula jika Anda tidak bisa menjadi sosok humoris. Yang terpenting, jadilah diri sendiri kemudian temukan cara untuk bisa menjadi pribadi yang menyenangkan.

Pribadi yang menyenangkan akan membuat lingkungan kerja terasa menyenangkan.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram