Pages

Cara Ampuh Mengusir Tikus di Rumah Secara Alami

tikus, usir tikus, basmi tikus, tikus rumah
Tikus - Salah satu hama di rumah

Cara Mengusir Tikus - Tikus adalah hewan pengerat yang biasa tinggal di tempat-tempat kotor seperti di gudang, atap, bahkan selokan. Tikus juga merupakan salah satu hewan pembawa sumber pernyakit karena tikus suka berkeliaran di tempat-tempat kumuh yang merupakan sarang penyakit. Hewan ini mampu menularkan penyakit melalui gigitan, kotoran, maupun dengan urinenya. mbak-minah

Selain sumber penyakit, keberadaan tikus rumah juga sangat menggangu dan menjijikan, hewan pengerat ini seringkali mengkrikiti perabotan, kayu, kertas, pakaian dalam lemari, bahkan makanan juga tidak luput dari incaran tikus.

Tikus yang berkeliaran di dalam rumah adalah hal yang sangat menjengkelkan bagi banyak orang, selain terlihat menjijikkan dan bisa mengganggu kesehatan, tikus bisa merugikan penghuni rumah secara materi. (baca tentang tikus di wikipedia)

Ada beberapa cara yang sudah dikenal untuk mengusir dan membasmi tikus seperti perangkap tikus, racun tikus, dan pengusir tikus elektrik. Cara-cara tersebut mungkin efektif namun bukannya tidak memiliki efek samping dan kelemahan. Penggunaan perangkap tikus sangat merepotkan, racun tikus bisa membunuh binatang peliharaan lainnya seperti kucing, dan pengusir tikus elektrik mungkin bisa memberikan efek negatif terhadap makhluk hidup di sekitar rumah, bahkan mungkin juga manusia.

Maka dari itu diperlukan cara-cara yang lebih alami untuk mengatasi hama tikus didalam rumah, selain menggunakan cara mengusir tikus yang telah disebutkan diatas.
Berikut ini beberapa cara membasmi dan mengusir tikus secara alami :
  1. Tikus biasanya tidak akan berani menghampiri tempat-tempat ramai atau ada bunyi bising. Letakkanlah jangkrik dimana tikus sering berlalu lalang, seperti di gudang, dapur atau di kamar. Carilah jangkrik yang biasa digunakan untuk aduan yang bisa mengerik.
  2. Peliharalah kucing di rumah, terutama kucing jenis tertentu yang bisa memangsa tikus, niscaya rumah akan aman dari tikus. Pada dasarnya kucing adalah musuh alami bagi tikus.
  3. Buah yang memiliki nama latin Morinda citrifolia L, mengkudu (pace) memiliki bau yang menyengat. Selain takut dengan suara bising, tikus juga tidak suka dengan bau-bauan yang menyengat. Jadi siapkan dua atau tiga buah mengkudu, potonglah mengkudu tersebut menjadi beberapa bagian. Taruh buah mengkudu dalam wadah di lokasi yang sering dilalui tikus. Nah, bau yang menyengat buah mengkudu akan membuat tikus enyah dari rumah.
  4. Selain buah mengkudu atau pace, kamu juga bisa menggunakan buah yang memiliki aroma menyengat lainnya yaitu Durian. Persiapkan buah durian (Durio zibethinus) dan pisahkan kulitnya. Kemudian, taruhlah potongan kulit durian tersebut di tempat yang diyakini sebagai sarang tikus. Dengan begitu tikus akan pergi karena takut karena mencium bau menyengat buah durian.
  5. Oleskan minyak yang berasal dari daun mint (Mentha codifolia) pada selembar karton kemudian letakkan dimana tikus sering terlihat. Tikus akan menjauh dan tak akan datang lagi ke tempat tersebut karena tikus tidak suka dengan bau minyak mint.
  6. Hancurkan beberapa buah kapur barus (Dryobalanops aromatica) lantas sebarkan di tempat-tempat biasa tikus bersarang. Selain efektif, cara ini pun sangat mudah dilakukan dan murah meriah. Tikus pergi, rumah pun jadi harum.
  7. Cara lain yang bisa kamu lakukan untuk mengusir tikus dari dalam rumah adalah dengan menangkap satu ekor tikus, kemudian melumuri badan tikus dengan cat kayu/besi berwarna mencolok, lalu lepaskan. Tikus tersebut dijamin tidak akan datang lagi, begitu juga dengan tikus-tikus lain tidak akan datang lagi ke tempat tersebut karena takut.
Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua. Selamat mencoba

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram