Pages

Apa Benar, Konsumsi Buah Mangga Bikin Badan jadi Gemuk?

Mangga merupakan buah khas alam tropis yang sangat digemari lantaran rasanya yang manis. Selain menyegarkan, mangga ternyata mengandung banyak nutrisi. Justru karena rasanya yang manis, mangga sering dihindari orang yang sedang diet karena takut berat badan naik.

mangga, buah mangga, buah tropis, buah
Buah Mangga

Apakah hal tersebut benar?


Ahli gizi Jasleen Kaur menjelaskan bahwa mangga bebas kolesterol, bebas lemak, dan bebas garam sehingga bisa memberi nutrisi tambahan pada tubuh dengan cara yang sehat. Walau begitu, bukan berarti kamu bisa makan buah mangga berlebihan.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Menambah Berat Badan yang Sehat

"Kelebihan makan apapun membuat kamu jadi tambah gemuk. Sama halnya dengan buah mangga jika dimakan di atas batas kalori, bisa menanmbah berat badan," katanya, seperti dilansir dari NDTV.

Kaur menambahkan, justru mangga bisa membantu menurunkan berat badan jika dikonsumsi dalam batas kalori tertentu. Buah mangga memiliki kandungan tinggi vitamin C, A, zat besi, potasium, dan tembaga yang baik bagi tubuh.

"Buah ini menyediakan gula alami yang membuat kamu energik dan aktif. Tetapi, pastikan kamu tidak makan melebihi kalori karena bisa membuat perut menjadi kembung dan mengalami masalah pencernaan," ucap Kaur.

Mangga berukuran sedang dengan berat 200 gram memiliki 150 kalori. Kaur merekomendasikan untuk makan mangga 30 menit sebelum berolahraga supaya kamu merasa berenergi.

buah, mangga, buah mangga, mangga segar, mangga kupas, buah tropis
Mangga


Kaur menyarankan untuk tidak mengkonsumsi buah mangga setelah makan berat, karena itu artinya kamu mengonsumsi kalori ekstra yang akan diubah menjadi lemak. Makanlah mangga pada jam 10 pagi atau sebagai camilan di malam hari.

Selain yang diterangkan Kaur, berikut ini manfaat buah mangga yang perlu kamu ketahui.


Buah Mangga bisa Menurunkan kolesterol

Buah mangga tinggi akan kandungan vitamin C, pektin, dan juga serat yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh guna menjaga jantung tetap sehat.

Baca Juga : 5 Buah yang Bermanfaat Menurunkan Kolesterol Jahat

Buah Mangga dapat Mendinginkan tubuh

Jus mangga dapat membantu mencegah panas dalam serta mengurangi rasa lelah akibat cuaca panas. Kandungan vitamin A, C, dan karotenoid dalam buah mangga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga kamu tidak mudah sakit.

Manfaat Mangga yang Baik untuk mata

Seporsi mangga bisa mencukupi 25% kebutuhan vitamin A. Jadi jika kamu tidak suka dengan wortel, mangga bisa menjadi alternatif makanan bernutrisi yang baik untuk mata.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram