Pages

Cara Terbaru Supaya tidak Bisa Dilacak Google

Google diketahui masih bisa melacak lokasi pengguna walaupun pengaturan Global Positioning System (GPS) dan juga riwayat lokasi di pengaturan ponsel sudah dimatikan oleh pengguna.

Temuan ini sebelumnya telah diketahui oleh peneliti dari Princeton University Gunes Acar yang menemukan bahwa Google masih mengawasi gerak-gerik tanpa sepengetahuan penggunanya.

Untuk menghentikan aksi 'pengintaian' pergerakan kamu, berikut ini cara yang bisa dilakukan oleh pengguna smartphone. Seperti dilansir Associated Press, berikut cara yang bisa dilakukan untuk membuat Google tidak bisa lagi mendeteksi pergerakan kamu.

my activity google, google activity, google
My Activity Google

 Pertama, pastikan smartphone atau gadget kamu terhubung dengan akun Google. Kemudian akses situs myactivity.google.com melaluil browser handphone untuk melakukan pengaturan.

Pada opsi menu yang berada di kiri atas, lalu pilih 'Activity Controls' lalu nonaktifkan 'web & app activity' dan juga 'riwayat lokasi'. Dengan menonaktifkan dua pengaturan tersebut, Google seharusnya sudah tidak bisa lagi menandai setiap pergerakan dan menghubungkannya dengan akun google kamu.

Baca Juga : Cara Menghemat Kuota Internet 4G di Smartphone Android

Walau begitu, raksasa internet asal Amerika Serikat ini akan memberi notifikasi bahwa beberapa layanan tidak akan bisa bekerja jika pengaturan ini dimatikan.

Smartphone Berbasis iOS

Sementara bagi pengguna Google Maps di perangkat berbasis iOS, pengguna dapat mengubah pengaturan penggunaan GPS ke opsi 'Hanya Ketika Digunakan'. Dengan begitu, aplikasi tracker ini hanya akan mendeteksi keberadaan kamu saat aplikasi tersebut digunakan.

Untuk mengubah pengaturan ini, pengguna dapat melakukannya melalui opsi Pengaturan > Privasi > Lokasi Layanan dan bisa memilih aplikasi Google Maps untuk melakukan pengubahan.

Bagi pengguna Safari, bisa mengubahnya lewat opsi Pengaturan > Safari > Mesin Peramban, nanti akan ada pilihan untuk menonaktifkan GPS melalui Pengaturan > Privasi > Lokasi Layanan > Safari Website dan pilih 'Tidak Pernah diaktifkan'.

Selain itu, pengguna juga dapat menonaktifkan Lokasi Layanan lewat Pengaturan > Privasi > Layanan Lokasi yang membuat Google tidak dapat mendeteksi keberadaan pengguna. Tetapi aplikasi peta digital tetap bisa digunakan, walaupun keberadaan penggunanya tidak terdeteksi.

Smartphone Berbasis Android

Khusus bagi kamu pengguna handphone atau tablet Android, kamu bisa menghentikan aksi pelacakan Google melalui opsi Pengaturan > Keamanan & lokasi > Privasi > Lokasi. Pilih 'Izin tingkat aplikasi' untuk mematikan akses GPS ke semua aplikasi.

Pengguna Android hanya memiliki opsi untuk memberikan akses GPS ke semua aplikasi, atau mematikannya secara keseluruhan. Pengguna tidak memiliki pilihan untuk menggunakan GPS hanya ketika aplikasi sedang digunakan.

Hapus Riwayat Lokasi

Untuk menghapus riwayat lokasi, pengguna dapat melakukannya dengan mengakses myactivity.google.com. Pilih ikon lokasi di bagian 'detail' hingga memunculkan tautan 'dari lokasi saat ini'. Dengan memilih opsi tersebut, akan muncul Google Maps dan riwayat lokasi keberadaan pemilik akun.

Pengguna dapat memilih untuk menghapus riwayat lokasi dari aplikasi apa saja, atau bisa menghapusnya berdasarkan durasi dari hingga tanggal tertentu saja.(evn/cnnindonesia.com)

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram