Pages

10 Manfaat Jeruk Nipis untuk Wajah yang Perlu Kamu Tahu

jeruk nipis, jeruk, manfaat jeruk nipis, khasiat jeruk nipis, wajah cantik
ilustrasi - cnmfinland.fi

Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang memiliki rasa yang masam dan biasa digunakan sebagai penambah cita rasa pada makanan.

Banyak juga orang mmanfaatkan jeruk nipis untuk membersihkan perabotan dapur, hingga obat alami dan perawatan wajah.

Jeruk nipis memang mengandung vitamin C dan nutrisi baik lainnya. Oleh karena itu, buah ini memiliki banyak sekali manfaatnya.

Jeruk nipis juga memiliki sifat antibiotik dan antioksidan yang bisa menjaga kulit lebih sehat, lembut, dan lentur. Jeruk nipis juga mampu meningkatkan sirkulasi darah dalam kulit.

Baca Juga : 19 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatan dan Obat Alami

Buat kamu wanita yang peduli akan kecantikan dan kesehatan kulit wajah, perlu tahu ragam manfaat jeruk nipis berikut ini.

Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit wajah


1. Sebagai Pembersih Wajah

Ambil jeruk nipis berukuran sedang, kemudian potong menjadi dua bagian. Ambil setengahnya lalu gosok secara lembut pada wajah dengan gerakan melingkar. Lakukan selama 8 hingga 10 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan wajah dengan handuk. Kamu bisa melakukan perawatan ini sekali seminggu untuk membantu mengangkat sel-sel mati dan kotoran di kulit wajah.

2. Mengatasi Kulit yang Terbakar sinar Matahari

Jika kamu mencari cara alami untuk menyingkirkan kulit terbakar karena matahari, Kamu bisa coba menggunakan jeruk nipis. Kamu hanya perlu mencampurkan kulit jeruk nipis yang sudah dikeringkan, madu, dan kunyit untuk membuat pasta. Kemudian oles tipis campuran ini pada wajah dan leher yang sudah dibersihkan. Kamu bisa melakukan perawatan ini setidaknya dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Mengecilkan Pori-Pori

Seperti kita tahu bahwa pori-pori yang lebar bisa menimbulkan berbagai macam masalah pada kulit wajah. Karena pori-pori yang terbuka akan menimbun kotoran dan menimbulkan minyak berlebih, yang bisa memicu timbulnya jerawat dan mengakibatkan penuaan dini. Untuk mengatasi hal ini, gunakan masker jeruk nipis secara rutin supaya bisa membantu mengecilkan pori-pori.

4. Mencegah Timbulnya Jerawat

Kandungan vitamin C dan juga zat anti bakteri yang ada dalam jeruk nipis dapat mencegah timbulnya jerawat. Oleh sebab itu, lakukanlah perawatan dengan masker jeruk nipis ini secara rutin supaya wajah bebas jerawat.

5. Mencegah Minyak Berlebih di Wajah

Jeruk nipis merupakan salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi kulit berminyak. Dimana kandungan vitamin C dan asam sitrat di dalam buah ini yang tinggi akan membantu mencerahkan kulit serta menghilangkan minyak pada wajah.

6. Menghilangkan Lingkaran Hitam

Lingkaran hitam di bawah mata akan membuat wajah Kamu terlihat kusam dan lelah. Kamu bisa menggunakan jeruk nipis untuk membantu menghilangkan lingkaran hitam dibawah mata.

Begini caranya:

  • Peras beberapa jeruk nipis
  • Hancurkan sepotong pisang matang dan campurkan pada mangkuk
  • Tambahkan tumbukan mentimun dan vitamin E
  • Aplikasikan pada wajah dan leher yang telah dibersihkan
  • Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air biasa.


Selain 6 manfaat dan khasiat jeruk nipis untuk wajah yang sudah dijelaskan diatas. Masih terdapat berbagai manfaat lainnya dari jeruk nipis yang perlu Kamu ketahui, yakni sebagai berikut:

7. Memutihkan Kulit Wajah

8. Menghaluskan Kulit Wajah

9. Menghilangkan Komedo

10. Mengencangkan Kulit Wajah


Efek Samping Jeruk Nipis Pada Wajah!


Pada dasarnya, unsur alami jeruk nipis sangat bermanfaat, baik untuk kesehatan ataupun untuk perawatan wajah.

Tetapi, setiap orang memiliki tingkat sensitif pada kulit wajah yang berbeda-beda. Jika Kamu termasuk memiliki kulit yang sensitif, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan jeruk nipis sebagai perawat kulit wajah karena bisa menimbulkan alergi seperti merah-merah dan iritasi.

Jadi sebelum mengaplikasikan jeruk nipis, coba sedikit dulu pada wajah. Jika dalam beberapa menit tidak ada indikasi iritasi dasebagainya, barulah gunakan jeruk nipis pada seluruh wajah atau secukupnya.

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram