Pages

11 Tips Belajar Bahasa Jerman dengan Metode yang Tepat

Tips Belajar Bahasa Jerman - Mempelajari satu bahasa yang baru tentu butuh waktu yang lama bahkan terkadang bisa bikin frustasi. Berikut ini beberapa langkah praktis yang bisa memudahkan kamu dalam belajar bahasa Jerman.

Metode Praktis untuk Mempelajari Bahasa Jerman dengan Mudah

bahasa jerman, bendera jerman, belajar bahasa jerman
Ilustrasi bahasa dan bendera Jerman - @factinate.com

Bicara Lantang

Berbicara dengan bahasa asing awalnya memang terasa susah, karena terbentur dengan pengetahuan bahasa tersebut. Tetapi berlatih berbicara harus dimulai sejak dini. Jika kamu tidak punya teman atau kenalan orang Jerman, kamu bisa berlatih sendiri, contohnya berbicara sendiri di depan cermin.

Baca Juga : Tips dan Cara Cepat Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah

Namai Barang-barang di Rumah Kamu

Satu cara mudah untuk belajar sepanjang hari. Ambilah secarik kertas, beri label barang-barang di rumah dalam bahasa Jerman. Dan jangan lupa untuk menuliskan artikel (der, die, das) dan bentuk jamaknya.

Baca Buku Cerita Anak dan Komik

Buku cerita dan komik anak-anak ditulis dengan gaya yang sederhana serta dilengkapi dengan gambar. Itulah mengapa buku-buku tersebut sangat berguna untuk mereka yang baru mulai belajar bahasa Jerman.

Daftar Belanja dalam Bahasa Jerman

Sangat penting untuk mempelajari kosakata Jerman yang umum dalam keseharian. Cobalah untuk menulis daftar belanja dalam bahasa Jerman. Mungkin pada awalnya sulit, tetapi dengan cara ini kamu akan belajar banyak dan terbiasa dengan kosakata bahasa Jerman.

Jangan Tunggu sampai Bisa

Yang paling penting adalah bahwa orang lain bisa memahami perkataan kamu. Ini tidak berarti bahwa semua kalimat yang kamu ucapkan harus sempurna. Jadi jangan takut untuk berbicara dalam bahasa Jerman sesering, meskipun merasa tatabahasa kamu masih kurang.

Mendengarkan Radio Jerman

radio, mendegarkan radio, boneka, teddy bear, boneka beruang, headphone
Ilusterasi mendengarkan radio - @7minutes.ru

Biasanya sulit bagi pemula untuk mengerti jika harus mendengarkan bahasa asing dari radio. Tetapi jika sering mendengarkan percakapan, baik langsung ataupun dari radio, kamu bisa mengembangkan feeling terhadap bahasa Jerman. Banyak program radio Jerman yang kini bisa kamu simak secara online.

Cari Mitra Tandem

Jika kamu mengenal penutur asli bahasa Jerman, ini akan sangat menguntungkan. Biasanya hal ini biasa kamu temui di tempat kursus bahasa Jerman. Atau kamu bisa mencari komunitas orang Jerman di kota mu, untuk praktek bercakap menggunakan bahasa Jerman dengan mereka. Pasangan tandem akan membantu kamu tidak saja untuk belajar kosa kata serta ekpresi, tapi juga untuk mempelajari logat atau irama bahasa Jerman dengan benar.

Memasak dengan Bahasa Jerman

memasak, masak, cooking
Ilustrasi memasak - twitter @expertbrokers

Bagi kamu yang hobby memasak, kamu bisa menjadikan bobby mu ini untuk mempelajari bahasa Jerman. Caranya dengan mempelajari berbagai nama makanan dan bahan-bahannya dalam bahasa Jerman. Bukan berarti kamu harus memasak makanan Jerman. Tapi yang terpenting, apapun masakannya, resepnya harus ditulis dalam bahasa Jerman.

Baca Buku yang Anda Kenal dalam Bahasa Jerman

Kamu pasti tahu di luar kepala cerita dari buku yang menjadi favorit kamu. Carilah, mungkin saja buku favorit kamu ini juga terbit dalam bahasa Jerman. Ini satu keuntungan besar karena kamu tahu jalan cerita buku tersebut, sehingga kamu hanya harus membacanya dan konsentrasi pada bahasanya.

Dengarkan Lagu Jerman dan Pelajari Liriknya

Belajar bahasa Jerman lewat lagu dianggap salah satu cara yang paling efektif. Carilah lagu-lagu Jerman, seperti di Youtube atau Spotify, dan pilih yang kamu sukai. Dengarkan, lalu coba tulis lirik lagu tersebut, kemudian belajar menerjemahkannya.

Tonton Film atau TV Jerman

tv, nonton tv, nonton film, tv jerman, film jerman
Ilustrasi nonton siaran tv - @rev.pw

Salah satu cara yang menyenangkan untuk belajar Bahasa Jerman, sekaligus menikmati hiburan. Belilah DVD atau CD film Jerman, kamu bisa menonton film tersebut dengan teks terjemahan. Setelah kamu mengetahui jalan ceritanya, tontonlah kembali tanpa teks terjemahan.

Ayo praktekan kiat-kiat dan teknik belajar bahasa Jerman diatas



Artikel ini sudah tayang sebelumnya di laman www.dw.com dengan judul "Tips Belajar Bahasa Jerman". Mbakminah menulis ulang untuk kamu yang ingin atau sedang belajar bahasa Jerman.

Belajar yang giat ya!

Mbak Minah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram